دلي الفارابي

Meniti Jejak Salafush Shalih dalam Memahami Al-Quran dan As-Sunnah Sesuai Pemahaman Ahlussunnah Waljamaah

Menjalankan Program Java Menggunakan Terminal pada Linux


Pada postingan kali ini, saya akan mencoba membahas bagaimana cara menulis, mengkompilasi dan menjalankan program Java dengan menggunakan console dan text editor yang terdapat pada sistem operasi yang berbasis Linux. Disini saya menggunakan Ubuntu 11.04.
Dalam contoh ini, kita akan menggunakan text editor untuk mengedit program Javanya dan Terminal untuk mengkompilasi dan mengeksekusi program Java tersebut.

Sebelum membahas lebih rinci, sebagai contoh kita akan mencoba menjalankan program sederhana di bawah ini melalui terminal linux.

Program :
public class Hello
{
    /**
    * My first Java Program
                */
                public static void main(String[] args) {
                //prints the string Hello world! on screen
                System.out.println(“Hello world!”);
                }
}
Langkah Kerja :
  1. Memulai Text Editor (Gedit)
    Untuk memulai text editor di Linux , klik pada Applications->Accessories->Gedit.

  2. Tulislah listing program Java yang akan kita buat dalam text editor.
  3. Simpanlah program Java tersebut, FILE-> Save
  4. Buatlah foler baru dengan nama MYJAVAPROGRAMS dengan mengklik tombol “Create Folder”. Kemudian dalam textbox Selection, ketiklah nama file dari program, yaitu ”Hello.java”, Ingat.!! Ekstensi filenya harus “.java”. Kemudian klik tombol SAVE.

    Sekarang kita telah menyimpan file program tsb, Jika kita ingin melakukan perubahan pada file, kita hanya perlu mengeditnya, kemudian menyimpannya kembali dengan mengklik pada File->Save atau CTRL+S.

  5. Melakukan Compile Program
    • Masuklah ke terminal, Applications->Accessories-> Terminal atau CTRL+ALT+T

    • Terminal tersebut menampilkan jendela yang disebut sebagai home folder Anda. Untuk melihat isi dari folder tersebut, ketik “ls” tanpa tanda petik dan kemudian tekan ENTER. Maka akan muncul file dan folder yang ada.
    • Untuk masuk ke dalam sebuah direktori, ketiklah perintah : cd [directory name]. Dalam hal ini, nama dari direktori kita adalah MYJAVAPROGRAMS, maka kita harus mengetik : cd MYJAVAPROGRAMS, lalu ENTER.
    • Setelah berada di dalam folder yang berisi program Java, saatnya untuk memulai meng-compile program Java tersebut. Sebagai catatan, bahwa file yang dimaksud harus benar2 ada didalam folder yang dipilih. Untuk memastikannya, Periksalah kembali dengan menjalankan perintah ”ls” untuk melihat file yang ada didalam folder tersebut.
    • Untuk mengkompilasi program Java, digunakan perintah : javac [filename]. Dalam hal ini, kita ketikan perintah : javac Hello.Java.
      Selama pengkompilasian, javac menambah file ke dalam disk yang disebut [filename].class, atau dalam hal ini, Hello.class, yang merupakan kode sebenarnya.

Menjalakan Program

Untuk menjalankan program Java tersebut, dengan cara mengetikkan perintah : java [filename without the extension], maka dalam hal ini, kita mengetikkan perintah : java Hello.
Sekarang kita dapat melihat di layar bahwa kita telah berhasil menjalankan program Java pertama yang kita buat, yang menampilkan pesan, ”Hello world!”

Contoh Program Lain :

Semoga bermanfaat.!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: