دلي الفارابي

Meniti Jejak Salafush Shalih dalam Memahami Al-Quran dan As-Sunnah Sesuai Pemahaman Ahlussunnah Waljamaah

Cara Mengatasi Virus di Dinding Facebook yang Memanfaatkan Link Mirip Youtube


Beberapa hari ini muncul virus baru di Facebook melalui pesan dinding yang di sengaja atau tidak disengaja telah terforward ke dinding kita, sehingga hal ini sangat mengganggu dan lumayan menjengkelkan. Betapa tidak?? Buktikan ndiri yaa,🙂 Nah, Bagaimana cara kerja virus ini?? Pada kasus kali ini sang pembuat virus memanfaatkan “Add-on” pada browser yang secara otomatis akan menjalankan pesan dinding tersebut ketika kita mengkliknya. Di bawah ini ada dua contoh  gambar  mengenai virus tersebut.

Yang pertama virus yang mengirim link melalui chat atupun pesan secara berulang-ulang seperti yang terlihat pada gambar berikut :

Sedangkan virus yang kedua sering melakukan posting secara otomatis ke beberapa Group Facebook yang dia ikuti, seperti gambar dibawah ini :

dari kedua contoh virus diatas cara kerjanya sama, sepintas link yang terkirim ada link ke situs bit.ly  atau ke link Youtube padahal jika kita klik maka akan mengarah ke situs lain, dan jika Anda klik maka akan terjadi (silakan dicoba sendiri deh untuk mengetahuinya).

Bagaimana caranya agar kita terhindar dari virus tersebut?

Setidaknya saya mempunyai dua cara yang bisa dilakukan, pertama hapus/uninstall Addon bernama Youtube Extension 1.04 yang ada dibrowser Mozilla Firefox yang Anda pakai, sebenarnya kasus ini hampir sama peristiwa beberapa bulan yang lalu yaitu seperti pada kasus Addon FireSheep (silakan googling sendiri di yahoo..hahahahaha😀

dibawah ini gambar Addon yang perlu Anda Disable/Hapus :

Sedangkan cara kedua agak extrem yaitu dengan menghapus Flashplugin/adobeflash player pada Sistem Operasi Anda, dan kalau Anda memakai langkah ini resiko yang diterima adalah tidak bisa menonton Video di Youtube, sebenarnya cara ini juga bermanfaat yaitu bisa menghemat bandwidth terutama yang masih memakai kuota.

Sedangkan cara yang paling AMPUH adalah DON’T CLICK pesan dinding tersebut walaupun lumayan menarik..😀

Sampai disini dulu tulisan saya, bila ada beberapa kata-kata yang kurang cocok pada komputer Anda, misalnya di komputer Anda menggunakan Browser lain ataupun setelan bahasa yang berbeda tinggal sesuaikan saja, saya disini hanya menyampaikan apa adanya sesuai keadaan komputer saya.

One response to “Cara Mengatasi Virus di Dinding Facebook yang Memanfaatkan Link Mirip Youtube

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: