دلي الفارابي

Meniti Jejak Salafush Shalih dalam Memahami Al-Quran dan As-Sunnah Sesuai Pemahaman Ahlussunnah Waljamaah

Release Party Distro Linux UNP 1.2.5 "Orange"


POSS UNP Rilis Distro UNP

Inioke.com , Senin, 07 Mei 2012 08:20 wib
Release Party Distro Linux Elco UNP, berfoto bersama Prof. Dr. Fasli Jalal
POSS UNP (Pemberdayagunaan Open Source Software Universitas Negeri Padang) merilis DistroUNP dengan tema Release Party DistroUNP “Distribusi Linux Persembahan Universitas Negeri Padang untuk Dunia Pendidikan”. Acara ini digelar Minggu (6/5) kemarin di ruang T78 UNP mulai pukul 08.00 WIB.

Dalam Release Party DistroUNP ini, hadir Bapak Prof. Dr. Fasli Jalal (Mantan Wakil Mentri Pendidikan Nasional) dan Bapak Yosefrizal, M.Kom selaku pembimbing POSS UNP. Bapak Prof. Dr. Fasli Jalal menyambut positif apa yang dilakukan oleh POSS UNP dan beliau berharap DistroUNP ini dapat dipergunakan dan diterapkan sebagai media bantu didalam dunia pendidikan. Sehingga nantinya dengan adanya DistoUNP sebagai media bantu pendidikan diharapkan jarak antara dunia pendidikan dengan teknologi akan semakin kecil khususnya Open Source Software.
Selain itu, Bapak Fasli juga mengusulkan adanya kegiatan yang menjadi batu loncatan POSS selanjutnya, seperti roadshow ke berbagai sekolah terutama SMA/SMK, untuk semakin menyemarakkan penggunaan Open Source Software tidak hanya di dalam kampus UNP saja.
“POSS UNP memiliki potensi dan semangat luar biasa dalam mengembangkan open source software, walau pun memang belum mendapat dukungan penuh dari pihak kampus. untuk itu sebisa mungkin kami membantu menyalurkan bakat mereka, salah satunya dengan meminjamkan fasilitas ruangan ini,” tambah Bapak Yosefrizal, M.Kom., yang juga menjabat sebagai Kepala UPT.PUSKOM UNP, saat menghadiri kegiatan Release Party berlangsung, di lokal T78 UNP kampus Air Tawar.
DistroUNP dipresentasi dan disimulasikan oleh Deli Hermanto. Deli menjelaskan bahwa untuk proses belajar mengajar DistroUNP sendiri telah menyediakan aplikasi-aplikasi yang cocok sebagai simulasi dalam pembelajaran, contohnya Kalzium yang merupakan aplikasi tabel periodik untuk mata pelajaran Kimia, dimana aplikasi ini menjelaskan nama unsur dan nomor atom yang terdapat pada sebuah unsur kimia.
Selain itu juga telah tersedia aplikasi seperti PCB Designer, gResistor, KiCad yang biasa di pakai mahasiswa elektro/elektronika untuk mendesain rangkaian. Tapi tidak cuma itu, aplikasi untuk mahasiswa Informatika juga ada, seperti aplikasi untuk desain grafis ada Inkscape, LibreCad, dan Qcad aplikasi khusus CAD. Sedangkan, untuk animasi ada Blender, dan tentu yang paling penting adalah aplikasi pemrograman seperti Eclipse, Geany, Lazarus, Kompozer, dan Netbeans. Tidak ketinggalan pula aplikasi Islami, Zekr, Alqur’an digital yang juga diikutsertakan.
Dengan kemudahan-kemudahan yang disediakan oleh DistroUNP diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada penggunanya terkhusus guru-guru dan murid-murid dalam proses belajar dan mengajar di sekolah-sekolah, baik SD,SMP,SMA/SMK.
Anna Erdiawan, selaku perwakilan POSS yang memberikan prakata dalam kegiatan tersebut, sangat berharap adanya dukungan dan perhatian lebih dari pihak Universitas (UNP) untuk kelangsungan perkembangan OSS terkhusus di lingkungan kampus. (rel)

Sumber : http://inioke.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: